Posted by Unknown on Rabu, April 22, 2015 in Islami | No comments
Alhamdulillah saat ini pengobatan dengan thibbun nabawi mulai dilirik kaum muslimin sebagai alternatif pengobatan disamping pengobatan melalui ilmu medis kedokteran. Berbagai ramuan herbal dan semacamnya yang didasarkan petunjuk Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam seperti habbatus sauda, minyak zaitun, madu, kurma dan air zam-zam sudah banyak beredar di toko-toko dan dikemas sedemikian rupa sehingga memudahkan penggunaannya.
Namun satu hal yang jangan sampai dilupakan adalah kekuatan do’a kepada Alloh. Allah dan Rasul-Nya telah mengajarkan berbagai do’a dan dzikir yang begitu banyak manfaatnya. Di antaranya untuk membentengi diri dari kejahatan yang kita tidak menyadarinya dan hanya Allah yang tahu seperti melalui dzikir pagi dan petang dan untuk pengobatan.
Ruqyah yang bentuk jamaknya adalah ruqaa merupakan bacaan-bacaan untuk pengobatan yang syar’i. Penyembuhan dengan al-Qur’an dan do’a-do’a yang diajarkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam adalah penyembuhan yang bermanfaat sekaligus penawar yang sempurna. Allah berfirman dalam Surat al-Isra ayat 82,
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ
“Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman…”
Pengertian ‘dari al-Qur’an’ pada ayat di atas maksudnya adalah al-Qur’an itu sendiri. Karena al-Qur’an secara keseluruhan adalah
penyembuh sebagaimana disebutkan dalam ayat di atas. [1]
penyembuh sebagaimana disebutkan dalam ayat di atas. [1]
يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ
جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ
وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ
“Hai manusia, sesungguhnya telah datang
kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit
(yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang
beriman.” (QS Yunus: 57)
Dengan demikian al-Qur’an merupakan
penyembuh yang sempurna di antara seluruh obat hati dan juga obat fisik,
sekaligus obat bagi seluruh penyakit dunia dan akhirat. Tidak setiap
orang mampu untuk melakukan penyembuhan dengan al-Qur’an. Jika
pengobatan dan penyembuhan itu dilakukan secara baik terhadap penyakit dengan didasari kepercayaan dan keimanan, penerimaan yang penuh, keyakinan yang pasti, pemenuhan syarat-syaratnya, maka tidak ada satu penyakit pun yang mampu melawannya untuk selamanya.
Para ulama telah sepakat untuk membolehkan ruqyah dengan tiga syarat, yaitu:
1. Ruqyah itu dengan menggunakan firman Allah Ta’ala atau Asma dan Sifat-Nya atau sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam
2. Ruqyah itu boleh diucapkan dalam bahasa Arab atau bahasa lain yang difahami maknanya
3. Harus diyakini bahwa bukanlah dzat ruqyah
itu sendiri yang memberikan pengaruh, tetapi yang memberikan pengaruh
itu adalah kekuasaan Allah, sedangkan ruqyah hanya merupakan salah satu
sebab saja. [2]
Di antara ayat-ayat yang dianjurkan untuk
dibaca sebagai ruqyah diantaranya ayat kursi, Surat al-Fatihah, Surat
al-Ikhlash, Surat al-Falaq, Surat an-Nas, Surat al-A’raf ayat 117-122,
Surat Yunus ayat 79-82, Surat Thaha ayat 65-70 dan Surat al-Kafirun.
Ruqyah ini berguna untuk pengobatan penyakit fisik maupun untuk melawan
guna-guna atau sihir.
Cara pengobatan ini bisa juga dilakukan kepada diri sendiri seperti yang ditunjukan kisah-kisah berikut ini:
وعَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِى الْعَاصِ
أَنَّهُ شَكَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ضَعْ يَدَكَ
عَلَى الَّذِى يَأْلَمُ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِاسْمِ اللَّهِ. ثَلاَثًا.
وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ: أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ
شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ،قال: فَفَعَلْتُ فَأَذْهَبَ اللهُ مَا كَانَ
بِي – رواه مسلم
Dari Utsman bin Abu al-Ash bahwasanya dia
mengadukan rasa sakit kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam:
“Letakkan tanganmu di atas bagian tubuhnya yang sakit lalu ucapkan Bismillah tiga kali, setelah itu ucapkan sebanyak tujuh kali ‘A’udzubi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhadziru.’ (Aku
berlindung dengan kemuliaan dan kekuasaan Allah dari keburukan yang aku
rasakan dan yang aku khawatirkan). Lalu aku baca do’a ini, setelah itu
Allah menghilangkan rasa sakit yang sebelumnya aku rasakan.” (HR Muslim)
Imam Ibnul Qayyim rahimahullahu berkata,
“Pada suatu ketika aku pernah jatuh sakit, tetapi aku tidak menemukan
seorang dokter atau obat penyembuh. Lalu aku berusaha mengobati dan
menyembuhkan diriku dengan surat al-Fatihah, maka aku melihat pengaruh
yang sangat menakjubkan. Aku ambil segelas air zam-zam dan membacakan
padanya surat al-Fatihah berkali-kali, lalu aku meminumnya hingga aku
mendapatkan kesembuhan total. Selanjutnya aku bersandar dengan cara
tersebut dalam mengobati berbagai penyakit dan aku merasakan manfaat
yang sangat besar. Kemudian aku beritahukan kepada banyak orang yang
mengeluhkan suatu penyakit dan banyak dari mereka yang sembuh dengan
cepat.” [3]
Mengenai kekhususan air zam-zam ini terdapat pada hadits Jabir yang marfu’,
مَاءُ زَمْزَمُ لِمَا شُرِبَ لَهُ
“Air zam-zam tergantung kepada tujuan diminumnya.” [4]Suatu kisah nyata terjadi pada Imam al-Hakim Abu Abdillah penulis kitab al mustadrak. Beliau pernah terkena penyakit borok di wajahnya, ia sudah berusaha berobat dengan segala cara namun tak kunjung sembuh. Beliaupun datang kepada abu Utsman ash-Shabuni agar mendo’akan kesembuhan untuknya. Abu Utsman pun mendo’akannya di hari jum’at dan banyak orang yang mengaminkan.
Di hari jum’at mendatang, datanglah seorang
wanita membawa secarik kertas dan bercerita bahwa ia telah bersungguh
sungguh mendo’akan untuk kesembuhan beliau. Lalu wanita itu bermimpi
bertemu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan bersabda: “Katakan
kepada abu abdillah.. Hendaklah ia mengalirkan air untuk kaum
muslimin.” Maka beliau pun segera membangun sumur di dekat rumahnya dan
menyediakan airnya untuk diminum oleh manusia. Seminggu kemudian, tampak
kesembuhan terlihat pada wajah beliau dan akhirnya hilang sama
sekali. Dan beliau hidup beberapa tahun setelah itu. (Shahih targhib no
964)
Insya Allah sedekah yang sepadan dengan
penyakit atau musibah yang diderita bisa menjadi obat penyembuh. Bisa
dengan memberi makan orang fakir, menanggung beban anak yatim,
mewakafkan harta, atau mengeluarkan sedekah jariyah. Jika kesembuhan
belum kunjung datang, mungkin Allah memperpanjang sakit untuk sebuah
hikmah yang dikehendaki-Nya atau karena kemaksiatan yang menghalangi
kesembuhan. Jika demikian cepatlah bertaubat dan perbanyak doa di
sepertiga malam terakhir.
Demikianlah beberapa contoh pengobatan yang
bisa dilakukan untuk diri sendiri. Dan sebaik-baik petunjuk adalah
petunjuk Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam.
Update 12/09/2013 :
Hadits-hadits yang berkaitan dengan anjuran Rasulullah untuk bersedekah sebagai obat penyembuh adalah hadits yang sangat lemah
derajatnya sehingga tidak bisa dijadikan sandaran meskipun sebagian
ulama mengamalkan kandungannya. Bersedekah dengan niat kesembuhan dari
penyakit adalah termasuk keinginan duniawi yang pada asalnya tidak boleh
dihadirkan ketika melakukan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Ibadah adalah amal perbuatan mulia yang seharusnya ditujukan untuk
meraih balasan mulia dan kekal di sisi Allah ‘Azza wa Jalla. Disamping
itu meniatkan ibadah untuk mendapatkan balasan dunia bisa menggugurkan
pahala amal kebaikan. Allah berfirman dalam QS Huud ayat 15-16,
“Barang siapa yang menghendaki kehidupan
dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan
pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak
akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat,
kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka
usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan?” [5]
Wallahu a’lam.
***
Rujukan:
-Doa & Wirid Mengobati Guna-Guna dan
Sihir Menurut al-Qur’an dan as-Sunnah, Yazid Abdul Qadir Jawas, Pustaka
Imam asy-Syafi’i
-Majalah adz-Dzakhiirah Edisi 43 – 1429H hal. 52
-Posting Ustadz Khalid Syamhudi di milis PM-Fatwa 28 September 2011.
-http://fariqgasimanuz.wordpress.com
[1] Al-Jawaabul Kaafi Liman Saala ‘Anid
Dawaaisy Syaafi (Jawaban yang Memadai Bagi Orang Yang Bertanya Tentang
Obat Penyembuh yang Mujarab) karya Ibnul Qayyim hal. 20
[2] Al-‘Illaaj bir Ruqaa minal Kitab was Sunnah hal. 72-83
[3] Zaadul Ma’ad (IV/178) dan al-Jawabul Kaafi (hal. 21)
[4] HR Ibnu Majah dan lain-lainnya. Lihat juga Shahih Ibnu Majah (II/183) juga Irwa’ul Ghalil (IV/320)
[5] Majalah as-Sunnah no 03-04/Thn XVII
artikel oleh Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni, M.A. dengan judul
“Hadits yang Sangat Lemah Tentang Keutamaan Bersedekah Untuk
Menyembuhkan Penyakit”
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Komentar Disini