Posted by Unknown on Minggu, April 12, 2015 in Islami | No comments
Beliau adalah Hadlorotusy Syaikh KH. Mashduqie bin Sulaiman Al-Lasimy,
lahir pada sekitar tahun 1908 M. di desa Soditan Kecamatan Lasem
Kabupaten Rembang dari pasangan KH. Sulaiman dengan Hj. Nyai Khodijah
(Qolmini). Dari jalur ayah nasab beliau bersambung ke Asy-Syaikh
As-Sayyid Mutamakkin Kajen Pati yang bersambung ke Asy-Syaikh As-Sayyid
Achmad Rohmatulloh (Sunan Ampel) sampai ke Baginda Rosululloh SAW.
Sejak usia dini Asy-Syaikh KH. Mashduqie dididik oleh Ayahandanya
sendiri, kemudian ketika menginjak remaja atas petunjuk KH. Sulaiman
(Ayah Beliau) dan pamannya KH. Thoyyib, Beliau melanjutkan jenjang
pendidikannya di Ponpes Termas yang diasuh oleh Asy Syaikh KH. Dimyati
bin Abdullah yang merupakan adik dari Asy Syaikh KH. Mahfudz bin
Abdullah (Murid dari Pengarang Kitab I’anatuth Tholibin) yang
disemayamkan di Makkah, sedangkan Asy Syaikh KH. Dimyati bin Abdullah
disemayamkan di Termas. Beliau
menimba ilmu disitu selama 11 tahun dengan rincian 3 tahun belajar dan 8
tahun mengajar, salah satu dari sekian banyak murid beliau ditermas
adalah KH. Hamid Pasuruan. Kemudian Beliau melanjutkan pendidikannya
pada Asy-Syaikh KH. Masyhud (Pacitan).
Setelah keluar dari Pondok Termas Beliau kembali melanjutkan
pendidikannya ke Tanah Suci Mekkah Al-Mukarromah selama 6 tahun. Disana
beliau belajar kepada Asy Syaikh Umar Hamdan Al-Maghrobi dan Asy Syaikh
Muhammad Ali Al-Maliki Al-Hasani Al-Maghrobi, sampai-sampai Beliau
dipercaya menjadi Pengajar di Haromain. Di sana murid-murid Beliau
banyak yang dari Tanah Air Indonesia, diantaranya adalah KH. Bisyri
Musthofa dari Rembang, KH. Masyhuri dari Rejoso Jombang, dan lain-lain.
Beliau mendapat gelar Asy-Syaikh dikarenakan termasuk salah satu Ulama’
Indonesia yang mengajar di Masjidil Harom, pada waktu itu sebutan Syaikh
dimiliki oleh 3 orang Ulama’, yaitu Syaikh Mashduqi Al-Lasimy, Syaikh
Mahfudz Termas (Kakak kandung Syaikh Dimyati) dan Syaikh Yasin
Al-Fadany.
Setelah pulang dari Mekkah beliau bertemu dengan Asy Syaikh KH. Sayyid
Dahlan, Beliau adalah salah satu Masyayikh di Pekalongan. Beliau
menikahkan Putrinya (Nyai Hj. Ma’rifah) dengan Hadlorotusy Syaikh KH.
Mashduqie dan mendirikan Pondok Pesantren di Pekalongan, murid-murid
beliau yang ada di Termas banyak yang pindah ke Pekalongan dengan
harapan dapat melanjutkan belajarnya pada Beliau.
Beliau sangat terkenal akan kealimannya, banyak beberapa hasil karya
tulis beliau dari beberapa Fann Ilmu, setiap beliau mengaji suatu kitab,
beliau pasti menerangkan panjang lebar seakan mensyarahi kitab
tersebut.
Setelah beberapa tahun tinggal di Pekalongan, beliau kembali lagi ke
Lasem Atas permintaan warga Lasem, dan mendirikan Pondok Pesantren
Al-Ishlah pada Tahun 1950 M. Banyak orang berdatangan dari berbagai
penjuru untuk menimba Ilmu pada beliau, diantaranya dari Pulau Jawa dan
juga Luar Jawa, seperti Madura, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.
Sebelum adanya bangunan Ponpes Al-Ishlah, tanah yang akan dijadikan
Pesantren tersebut merupakan tempat Judi, Pelacuran dan tempat
pembantaian PKI. Jauh-jauh hari sebelum Syaikh Mashduqi dilahirkan,
pejabat desa setempat mengeluh kepada Sayyid Abdurrohman (Mbah Sareman)
–seorang Ulama’ dari Tuban yang bertempat di Lasem yang terkenal ke
waliaannya– dengan mengatakan “Mbah gimana tempat itu kok dibuat sarang
ma’shiyat?” lalu Mbah Sareman mengatakan bahwa “akan ada Harimau Putih
dari barat melewati sungai yang akan menempati tempat itu, dan tanah itu
akan menjadi tempat (produksi) Ulama di Tanah Jawa”.
Yang dimaksud dengan “Harimau Putih” adalah Asy-Syaikh KH. Mashduqi dan
yang dimaksud “Sungai” adalah sungai Bagan yang terletak ± 700 M sebelah
barat tanah Ponpes Al-Ishlah.
Diantara murid-murid beliau adalah KH. Ishomuddin (Pati), KH. Salim
(Madura), KH. Mahrus Ali (Liriboyo, Kediri), KH. Zayadi (Probolinggo),
KH. Abdullah Faqih (Langitan), KH. Miftahul Akhyar (Surabaya) Rois
Suryah PWNU Jawa Timur, KH. Jazim Nur (Pasuruan), KH. Nur Rohmat (Pati),
KH. Zuhdi Hariri (Pekalongan), KH. Taufiq (Pekalongan) Penasehat
Thoriqoh An-Naqsyabandi Al-Haqqani, KH. Abdul Ghoni (Cirebon), KH. Nur
Rohmat (Pati), KH. Abdul Mu’thi (Magelang) KH. Abdulloh Schal
(Bangkalan, Madura), KH. Mashduqi (Cirebon) KH. Maktum (Cirebon), KH.
Syaerozi (Cirebon) dan masih banyak lagi yang lainnya.
Hadlorotusy Syaikh KH. Mashduqie Al-Lasimy termasuk runtutan pewaris
Tanah Jawa setelah kurun Asy-Syaikh Asnawi Banten yang dikenal sebagai
simbol Tombak Mangku Mulyo (Quthbul Jawi), simbol tersebut merupakan
warisan dari Asy-Syaikh Subakir, orang pertama Pembabat Tanah Jawa.
Pada tahun 1975 M. beliau kembali ke Rohmatullah, tepatnya tanggal 17
Jumadil Akhir Tahun 1396 H. dan disemayamkan di Pondok Pesantren
Al-Ishlah. Dan pada tahun itu pula Ponpes Al-Ishlah diteruskan oleh
putranya, yaitu Asy-Syaikh KH. Chakim Mashduqie.
Biografi Singkat Asy-Syaikh KH. Chakim Mashduqie.
Asy-Syaikh KH. Chakim Mashduqie dilahirkan pada sekitar tahun 1942 M.
Beliau merupakan salah seorang putra dari Hadlorotusy Syaikh KH.
Mashduqie bin Sulaiman Al-Lasimy.
Pendidikan beliau diperoleh dari ayahanda beliau sendiri Hadlorotusy
Syaikh KH. Mashduqie bin Sulaiman Al-Lasimy. Pada usia 12 tahun beliau
sudah mengajarkan kitab Jam’ul Jawami’.
Beliau mencurahkan Fikirannya pada beberapa Fann Ilmu Khususnya Ilmu
Tauhid, sehingga beliau mampu mencetuskan sebuah karya tulis berlatar
keUluhiyaan (Tauhid) yang berbentuk Sya’ir pada saat usia yang relatif
muda yaitu 17 Tahun, karya tulis yang berbentuk Syair itu dinamai
“Nadzom Ibnu Lasimy”.
Kemudian Beliau mensyarahi kitab tersebut pada usia 40 tahun dan diberi
nama “Adz Dzakhoirul Mufidah” yang sampai saat ini sudah tersebar di
Bangladesh, Mekkah, Yaman, dan lain-lain. Tidak berhenti disitu, beliau
juga mencurahkan Fikirannya pada Ilmu-ilmu yang bersifat Religi lainnya,
diantaranya Karya tulis beliau yang berhubungan dengan Hadits-hadits
Rosululloh SAW. yang dinamai dengan “Ghoyatul Marom Fi Ahaditsil Ahkam”.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Komentar Disini