Posted by Unknown on Kamis, Oktober 30, 2014 in Profil | No comments
Sebuah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di
lingkungan kampus Universitas Jember telah banyak melahirkan generasi penerus
bangsa yang modal utamanya mendidik dan memberikan sumbangsih di bidang
pendidikan, salah satu program studi yang terdapat di dalamnya ialah Program
studi Pendidikan Ekonomi (selanjutnya ditulis “pe”), pe sendiri telah melalui
akreditasi pada tahun 1998 dengan nilai akreditasi “B”
Bertempat di kampus tegal
boto Jl. Kalimantan no. 37 Jember, dengan kokohnya gedung pe berdiri, dengan
berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, mampu membuat suasana perkuliahan
menjadi menarik dan para mahasiswa betah berlama-lama di dalam kampus.
Memang, dalam rancangan
kampus Unej ini, lebih mengedepankan sisi alamiahnya, tak heran jika mulai
pintu masuk hingga pintu keluar dan setiap trotoarnya dipenuhi dengan
pohon-pohon rindang. Misi Unej adalah mewujudkan green campus, dimana kampus
yang berjuluk tegal boto ini bisa juga berfungsi sebagai taman kota.
Lebih spesifik lagi ke dalam
program studi pe Unej, banyak juga pohon-pohon yang ditanam di dalamnya, tak
lupa juga di dalam taman gedung, terdapat beberapa patung seperti miniatur
Burobudur dan patung bersejarah lainnya, hal ini mungkin karena gedung pe
bercampur dengan prodi Pendidikan Sejarah. Sehingga dalam satu komplek gedung,
mencakup 2 prodi IPS, yakni pe dan Pendidikan Sejarah.
Visi dari pe sendiri adalah menjadi pusat pengembangan dan pembelajaran
ekonomi dan penguatan materi ilmu ekonomi yang berkualitas berwawasan
lingkungan, dan berkemampuan mengembangkan IPTEK serta meningkatkan IMTAQ.
Kemudian juga ada Misi yang ingin dicapai oleh pe ini sendiri, yakni
Mengembangkan pendidikan dan pengajaran,penelitian, dan pengabdian kepada
masyarakat yang berorientasi pada pengembangan pembelajaran ekonomi dan
penguatan materi ilmu ekonomi. Meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu ekonomi
sesuai paradigma baru pendidikan atau empat pilar pendidikan: (learn to know,
learn to do, learn to be, and learn to live together). Menjalin dan
mengembangkan kerjasama dengan lembaga internal di linkungan UNEJ dan lembaga
eksternal.
Prodi Pendidikan Ekonomi juga memilki tujuan yang mesti dicapai, yakni,
Menghasilkan sarjana pendidikan ekonomi dan sarjana ekonomi, serta tenaga
profesi lainnya di bidang ekonomi dan bisnis yang peka terhadap makna keadilan
sosial berlandaskan Pancasila, menghasilkan berbagai bentuk kerjasama dalam
penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam
bidang ekonomi dan bisnis, menghasilkan berbagai bentuk layanan profesional
dalam kegiatan penelitian pendidikan ekonomi, penelitian ekonomi dan bisnis,
serta pengelolaan kegiatan ekonomi dan bisnis.
Di dalam prodi pe, terdapat berbagai macam kegiatan mahasiswa pe, seperti
organisasi HMP, Jurnal, dan Kopma. Ketiganya merupakan produk asli dari
mahasiswa pe secara turun temurun.
Pada usia yang sudah menginjak 25 tahun ini, pe berhasil mencetak para
pendidik yang profesional dalam bidang ekonomi, bahkan setiap tahun, Kaprodi
mencanangkan program magang ke luar negeri bagi mahasiswa yang benar-benar
ingin menuntut ilmu setinggi-tingginya.
Dosen-dosen pe
antara lain Prof. Dr. Bambang hari purnomo, MA, Dr. Sukidin, M.Pd, Dr.
Srikantun, M.Ed, Drs. Sutrisno djaja, MM, Drs. Bambang Suyadi, M.Si, Dra. Sri
wahyuni, M.Si, Drs. Joko widodo, MM, Drs. Pudjo suharso, M.si, Drs. Umar H. M
Shaleh, M.Si, Dra. Retna Ngesti Sediyati, MP, Titin Kartini S.Pd, M.Pd, Hety
Mustika ani S.Pd, M.Pd
Sistem
perkuliahan dimulai pukul 7:00 WIB hingga kadang sampai pukul 18:00, mahasiswa
dapat lulus dari Program Studi Pendidikan Ekonomi jika telah menempuh 146 SKS.
Tiap semester mahasiswa boleh mengambil mata kuliah dengan beban maksimal 24 SKS.
Indeks prestasi semester yang diperoleh mahasiswa menentukan jumlah sks yang
diambil semester berikutnya. Indeks prestasi semester dan kumulatif dihitung
berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan universitas. Mengenai pembayaran
SPP mulai tahun ajaran 2014/2015 menggunakan UKT (Uang Kuliah Tunggal), namun
pe sendiri menampung banyak mahasiswa Bidik Misi yang memang para Mahasiswa ini
memiliki softskiil tersendiri hingga membuat mereka mampu dan diterima menembus
Prodi Pendidikan Ekonomi ini.
Penulis ingin
mengungkapkan rasa serta pengalaman selama menjadi Mahasiswa Pendidikan
Ekonomi.
Sebenarnya,
penulis menempatkan pilihan prodi Pendidikan Ekonomi saat seleksi SBMPTN lalu
adalah di bagian paling akhir, sehingga pada saat awal pengumuman, ada sedikit
rasa ganjal di hati penulis. Namun lambat laun, penulis berhasil menemukan
sebuah titik terang dan petunjuk kenapa penulis masuk dalam prodi Pendidikan
Ekonomi. Ternyata setelah berjalan perkuliahan selama beberapa bulan, akhirnya
penulis menemukan sebuah penyemangat dalam belajar ilmu ekonomi kepada B.
Retna.
Penyemangat
serta motivasi itu berawal dari diri sendiri, penulis menilai bahwa Pendidikan
Ekonomi sendiri sesuai dengan cita-cita sejak kecil dulu menjadi menteri
perekonomian Indonesia, sehingga bisa mengangkat citra buruk ekonomi masyarakat
Indonesia. Yang kedua datangnya dari orang tua, sudah maklum memang bahwa orang
tua selalu memberikan yang terbaik bagi setiap anaknya, sebagai bentuk balas
budi dan bakti terhadap orang tua, penulis ingin belajar keras demi meraih
cita-cita mulia ini, karena penulis yakin bahwa perjuangan mereka bukan hanya
dengan keringat dan do’a, tetapi juga dengan air mata.
Tulisan ini
penulis tulis demi melengkapi tugas PDMO yang diberikan kakak angkatan 2013
yang isinya membahas tentang profil Prodi Pendidikan Ekonomi itu sendiri,
penulis sangat suka sekali dengan sistem pembelajaran di Prodi Pendidikan
Ekonomi ini, mahasiswa diajak untuk aktif berdiskusi dalam kelas dan banyak
mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok, penulis menilai bahwa
gedung Prodi Pendidikan Ekonomi memang nyaman untuk digunakan sebagai tempat
menyerap ilmu yang nantinya ilmu tersebut akan kembali ditransfer kepada para
penerus bangsa Indonesia.
Harapan penulis
terhadap Prodi Pendidikan Ekonomi ini, bukan hanya sekedar prodi yang
meluluskan banyak mahasiswa, tetapi mahasiswa yang peka terhadap lingkungan,
berjiwa sosial, dan tahan banting di setiap tantangan zaman.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Komentar Disini