Kamis, 30 Oktober 2014

Profil Pendidikan Ekonomi

Posted by Unknown on Kamis, Oktober 30, 2014 in | No comments


PROFIL PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER


Sebuah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di lingkungan kampus Universitas Jember telah banyak melahirkan generasi penerus bangsa yang modal utamanya mendidik dan memberikan sumbangsih di bidang pendidikan, salah satu program studi yang terdapat di dalamnya ialah Program studi Pendidikan Ekonomi (selanjutnya ditulis “pe”), pe sendiri telah melalui akreditasi pada tahun 1998 dengan nilai akreditasi “B”

          Bertempat di kampus tegal boto Jl. Kalimantan no. 37 Jember, dengan kokohnya gedung pe berdiri, dengan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, mampu membuat suasana perkuliahan menjadi menarik dan para mahasiswa betah berlama-lama di dalam kampus.

          Memang, dalam rancangan kampus Unej ini, lebih mengedepankan sisi alamiahnya, tak heran jika mulai pintu masuk hingga pintu keluar dan setiap trotoarnya dipenuhi dengan pohon-pohon rindang. Misi Unej adalah mewujudkan green campus, dimana kampus yang berjuluk tegal boto ini bisa juga berfungsi sebagai taman kota.

          Lebih spesifik lagi ke dalam program studi pe Unej, banyak juga pohon-pohon yang ditanam di dalamnya, tak lupa juga di dalam taman gedung, terdapat beberapa patung seperti miniatur Burobudur dan patung bersejarah lainnya, hal ini mungkin karena gedung pe bercampur dengan prodi Pendidikan Sejarah. Sehingga dalam satu komplek gedung, mencakup 2 prodi IPS, yakni pe dan Pendidikan Sejarah.

Visi dari pe sendiri adalah menjadi pusat pengembangan dan pembelajaran ekonomi dan penguatan materi ilmu ekonomi yang berkualitas berwawasan lingkungan, dan berkemampuan mengembangkan IPTEK serta meningkatkan IMTAQ. Kemudian juga ada Misi yang ingin dicapai oleh pe ini sendiri, yakni Mengembangkan pendidikan dan pengajaran,penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan pembelajaran ekonomi dan penguatan materi ilmu ekonomi. Meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu ekonomi sesuai paradigma baru pendidikan atau empat pilar pendidikan: (learn to know, learn to do, learn to be, and learn to live together). Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga internal di linkungan UNEJ dan lembaga eksternal.

Prodi Pendidikan Ekonomi juga memilki tujuan yang mesti dicapai, yakni, Menghasilkan sarjana pendidikan ekonomi dan sarjana ekonomi, serta tenaga profesi lainnya di bidang ekonomi dan bisnis yang peka terhadap makna keadilan sosial berlandaskan Pancasila, menghasilkan berbagai bentuk kerjasama dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ekonomi dan bisnis, menghasilkan berbagai bentuk layanan profesional dalam kegiatan penelitian pendidikan ekonomi, penelitian ekonomi dan bisnis, serta pengelolaan kegiatan ekonomi dan bisnis.

Di dalam prodi pe, terdapat berbagai macam kegiatan mahasiswa pe, seperti organisasi HMP, Jurnal, dan Kopma. Ketiganya merupakan produk asli dari mahasiswa pe secara turun temurun.

Pada usia yang sudah menginjak 25 tahun ini, pe berhasil mencetak para pendidik yang profesional dalam bidang ekonomi, bahkan setiap tahun, Kaprodi mencanangkan program magang ke luar negeri bagi mahasiswa yang benar-benar ingin menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Dosen-dosen pe antara lain Prof. Dr. Bambang hari purnomo, MA, Dr. Sukidin, M.Pd, Dr. Srikantun, M.Ed, Drs. Sutrisno djaja, MM, Drs. Bambang Suyadi, M.Si, Dra. Sri wahyuni, M.Si, Drs. Joko widodo, MM, Drs. Pudjo suharso, M.si, Drs. Umar H. M Shaleh, M.Si, Dra. Retna Ngesti Sediyati, MP, Titin Kartini S.Pd, M.Pd, Hety Mustika ani S.Pd, M.Pd

Sistem perkuliahan dimulai pukul 7:00 WIB hingga kadang sampai pukul 18:00, mahasiswa dapat lulus dari Program Studi Pendidikan Ekonomi jika telah menempuh 146 SKS. Tiap semester mahasiswa boleh mengambil mata kuliah dengan beban maksimal 24 SKS.  Indeks prestasi semester yang diperoleh mahasiswa menentukan jumlah sks yang diambil semester berikutnya. Indeks prestasi semester dan kumulatif dihitung berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan universitas. Mengenai pembayaran SPP mulai tahun ajaran 2014/2015 menggunakan UKT (Uang Kuliah Tunggal), namun pe sendiri menampung banyak mahasiswa Bidik Misi yang memang para Mahasiswa ini memiliki softskiil tersendiri hingga membuat mereka mampu dan diterima menembus Prodi Pendidikan Ekonomi ini.

Penulis ingin mengungkapkan rasa serta pengalaman selama menjadi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi.

Sebenarnya, penulis menempatkan pilihan prodi Pendidikan Ekonomi saat seleksi SBMPTN lalu adalah di bagian paling akhir, sehingga pada saat awal pengumuman, ada sedikit rasa ganjal di hati penulis. Namun lambat laun, penulis berhasil menemukan sebuah titik terang dan petunjuk kenapa penulis masuk dalam prodi Pendidikan Ekonomi. Ternyata setelah berjalan perkuliahan selama beberapa bulan, akhirnya penulis menemukan sebuah penyemangat dalam belajar ilmu ekonomi kepada B. Retna.

Penyemangat serta motivasi itu berawal dari diri sendiri, penulis menilai bahwa Pendidikan Ekonomi sendiri sesuai dengan cita-cita sejak kecil dulu menjadi menteri perekonomian Indonesia, sehingga bisa mengangkat citra buruk ekonomi masyarakat Indonesia. Yang kedua datangnya dari orang tua, sudah maklum memang bahwa orang tua selalu memberikan yang terbaik bagi setiap anaknya, sebagai bentuk balas budi dan bakti terhadap orang tua, penulis ingin belajar keras demi meraih cita-cita mulia ini, karena penulis yakin bahwa perjuangan mereka bukan hanya dengan keringat dan do’a, tetapi juga dengan air mata.

Tulisan ini penulis tulis demi melengkapi tugas PDMO yang diberikan kakak angkatan 2013 yang isinya membahas tentang profil Prodi Pendidikan Ekonomi itu sendiri, penulis sangat suka sekali dengan sistem pembelajaran di Prodi Pendidikan Ekonomi ini, mahasiswa diajak untuk aktif berdiskusi dalam kelas dan banyak mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok, penulis menilai bahwa gedung Prodi Pendidikan Ekonomi memang nyaman untuk digunakan sebagai tempat menyerap ilmu yang nantinya ilmu tersebut akan kembali ditransfer kepada para penerus bangsa Indonesia.

Harapan penulis terhadap Prodi Pendidikan Ekonomi ini, bukan hanya sekedar prodi yang meluluskan banyak mahasiswa, tetapi mahasiswa yang peka terhadap lingkungan, berjiwa sosial, dan tahan banting di setiap tantangan zaman.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Disini